iklan

0
IZZAMEDIA.COM - Segala gejala sosial, lingkungan, politik, bahkan teknologi menunjukkan sinyal akan jadi apa dunia ini di masa mendatang. Apa saja yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2050 nanti?

10 Hal Yang Diprediksi Bakal Terjadi di 2050
Segala gejala sosial, lingkungan, politik, bahkan teknologi menunjukkan sinyal akan jadi apa dunia ini di masa mendatang. Apa saja yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2050 nanti?

1. Lapangan kerja semakin sedikit.

Dari segi optimisme, kita dapat melihat bahwa perkembangan pendidikan dan intelegensi manusia akan membuat segala sesuatunya dapat dikendalikan dengan alat. Bisa jadi, tidak dibutuhkan lagi pekerja untuk mengoperasikan perusahaan. Namun digantikan dengan automobile, TV, komputer dan internet.

Namun sisi pesimisnya, orang-orang tidak akan jarang bergerak dan bekerja. Tidak lagi bekerja untuk kebutuhan hidup sehingga kreativitas, hubungan, dan hubungan sosial juga diprediksi berkurang.

2. Sistem pendidikan yang formal tidak efektif lagi

Jika saat ini sistem pendidikan formal masih sangat diagungkan, maka kemungkinan besar di masa mendatang hal itu tidak berlaku lagi. Sebab ekspektasi agar para murid dididik untuk menjadi ‘orang’ di masa mendatang tidak lagi terlalu tinggi.

Bisa jadi di masa mendatang, tidak lagi sekolah formal duduk bersama guru. Namun sistem pekerjaan pendidikan yang lebih canggih dan self learning.

3. Perang antargender

Prediksinya, perempuan mungkin akan terus memperjuangkan kesetaraan dengan laki-laki. Dalam hal ini kemungkinan terburuknya adalah hubungan heteroseksual akan berkurang, sementara kecenderungan lesbian akan meningkat.

4. Penggunaan energi

Sementara kita menggunakan seluruh energi untuk mengatasi dampak pemanasan global, maka semakin lama sumber daya ini akan berkurang. Kemungkinan energi nuklir yang akan mendominasi di rumah, mobil, bahkan bisnis.

5. Rekayasa gen

Beberapa perusahaan seperti 23andMe bekerja sama dengan universitas dan pemerintah untuk mengidentifikasi gen superior. Sehingga orangtua memiliki opsi untuk memilih gen terbaik untuk anak-anak mereka. Seperti gen yang antikanker dan intelegensinya tinggi.

6. Pencegahan ketimbang pengobatan

Orang jauh lebih preventif saat ini. Maka kemungkinan berbagai tindakan pencegahan menjadi gaya hidup yang mengglobal di masa mendatang. Cara orang untuk menjaga kesehatannya semakin individual.

7. Transportasi tanpa pengemudi

Setidaknya, teknologi mobil terbang akan mulai dipasarkan. Ya, bisa dibilang jadi jawaban atas kemacetan lalu lintas. Bisa jadi mobil terbang ini dioperasikan dengan tenaga nuklir. Dan tentu saja, taksi, truk, bus, kereta api, bahkan pesawat dikemudikan tanpa pengemudi (driverless)

8. Tempat rekreasi

Kebanyakan rumah akan memiliki wall screen di mana orang dapat memilih lingkungan dan suasana apa yang diingikannya misalnya hutan, pantai, dll. Interaksi dengan hologram seolah-olah itu hidup. Kemungkinan orang-orang masih memelihara hewan peloharaan, namun mungkin akan melawan organisasi yang memperjuangkan hak hewan.

9. Komunikasi

Akses internet yang semakin cepat diprediksikan akan menbawa perkembangan yang sangat pesat. Akses internet bahkan dapat menunjukkan detail profil seseorang.

10. Individualitas

Segala sesuatunya dapat dikerjakan sendiri. Sebab semua telah terpogram seperti kinerja komputer. Itu juga yang membuat orang bisa belajar sendiri. Jika film-film Hollywood memprediksi bahwa teknologi tidak akan bisa mengambil alih dunia dan menghancurkannya. Stephen Hawking malah khawatir hal itu akan terjadi. Teknologi bisa saja mengambil alih kehidupan manusia bahkan menghancurkannya. (psychologytoday.com) / (jateng.tribunnews.com)



Posting Komentar Blogger

 
Top