iklan

0
Sejarah Dunia: Badai Katrina Sapu Pantai Timur Amerika Serikat
Citra udara memperlihatkan kerusakan yang diakibatkan Badai Katrina di New Orleans, 30 Agustus 2005. (Foto: Reuters)
WARGA Amerika Serikat (AS) khususnya yang berada di wilayah Pantai Timur tidak akan pernah melupakan musibah Badai Katrina yang melanda mereka pada 29 Agustus 2005. Badai tersebut tercatat sebagai bencana alam terburuk yang pernah melanda Negeri Paman Sam sepanjang sejarah. 

Badai Katrina mulai menghampiri AS pada 25 Agustus 2005 di Florida. Badai hanya masuk dalam Kategori 1 dalam Skala Saffir-Simpson (SSHWS). Kategori 1 berarti kecepatan angin maksimal mencapai 153 kilometer/jam (km/jam). Tak butuh waktu lama, Badai Katrina makin lama makin kuat.

Badai lalu menyapu wilayah Pantai Timur AS atau yang juga dikenal dengan Pantai Teluk Amerika Serikat. Katrina menyebabkan kerusakan parah di New Orleans, Mississippi, Alabama, dan Louisiana. Wali Kota New Orleans saat itu, Ray Nagin, meminta warganya untuk segera menyelamatkan diri. 

Sayangnya, sekira 150 ribu orang mengabaikan perintah tersebut. Mereka memilih untuk tetap tinggal. Kecepatan angin membesar hingga 235 km/jam atau mulai memasuki Kategori 5 dalam SSHWS. Angin menghancurkan fasilitas umum seperti saluran listrik dan menghancurkan rumah-rumah. (Okezone.com) / IZZAMEDIA.com

Posting Komentar Blogger

 
Top