iklan

0
Segera Perkaya Diri Anda Lewat 5 Tips Ini
Foto: Istimewa
IZZAMEDIA.com, Jakarta - Dari tahun ke tahun harga kebutuhan bukannya turun, tetapi semakin mahal. Dan semakin lama tingkat kebutuhan juga ikut meningkat. Untuk itu Anda perlu mengelola keuangan dengan cara yang bijak.

Memiliki uang yang lebih tidak berarti bisa membuat Anda menjadi kaya. Bisa saja, jika pengeluaran Anda tak dikelola dengan baik, kelebihan uang tersebut bakal habis begitu saja.

Oleh sebab itu, agar bisa menjadi kaya, Anda perlu mengatur dengan bijak kelebihan uang tersebut. Anda harus dapat mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan cara menabung dan mengolah uang tersebut. Berikut ini cara mengatur keuangan agar cepat kaya:

1. Atur pemakaian kartu kredit

Memakai kartu kredit untuk membayar barang merupakan hal lumrah. Meskipun nanti Anda akan mendapatkan gaji dan bisa membayar utang kartu kredit. Jangan habiskan uang yang Anda punya sebelum menerima gaji.

Sebenarnya untuk hidup Anda hanya membutuhkan makan, baju, dan biaya transportasi. Untuk memenuhi kebutuhan itulah gaji Anda seharusnya digunakan bukan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Orang cerdas mampu membuat uang mencarinya

Ada istilah "waktu adalah uang", tapi jika waktu berbalik melawan Anda lalu apa yang akan Anda lakukan untuk mengubah waktu sebagai uang Anda? Membuat uang untuk bisa mencari Anda adalah dengan meletakkan waktu yang anda butuhkan secara berdampingan bukan mengacuhkannya. Menghasilkan uang lebih banyak dari menghabiskannya adalah cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.

Hal yang membuat seseorang menjadi kaya adalah ia mampu mengumpulkan uang lebih banyak dan menghabiskan uang lebih sedikit dari kebanyakan orang lain. Mereka memfokuskan uang yang mereka dapat untuk berinvestasi daripada memikirkan berapa uang yang akan mereka dapatkan sehingga pada akhirnya mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dan menggunakannya dengan bijaksana.

3. Berinvestasi

Ketika Anda mendapatkan penghasilan lebih misalnya seperti Tunjangan Hari Raya (THR), bonus, atau yang lainnya, harus bisa Anda simpan dengan sebaik-baiknya. Masukkan uang itu di tabungan berbunga tinggi atau investasikan. Tentunya hal ini akan sangat berguna jika nantinya anda memiliki rencana masa depan untuk melanjutkan pendidikan atau menikah dan memiliki anak sendiri.

4. Buat rencana keuangan

Cobalah mulai dengan mengingat kebiasaan Anda sehari-hari. Apa yang anda makan, transportasi apa yang digunakan untuk berangkat kerja bahkan berapa baju yang biasa Anda beli. Memang kebiasaan ini akan sulit dihilangkan, tapi Anda harus ingat bahwa menabung jauh lebih penting daripada menuruti keinginan diri sendiri untuk belanja sesuatu.

5. Bahagiakan diri

Setelah Anda dapat mengatur keuangan dengan baik, penting bagi Anda untuk mendapatkan hadiah dengan membeli sesuatu yang memang Anda idam-idamkan sejak lama sebagai hadiah untuk diri sendiri. Menabung memang sangat penting tapi kepuasan dalam hidup juga patut didapatkan. (Detik.com)

Posting Komentar Blogger

 
Top