iklan

0
Foto: Istimewa
Jakarta - Sebagian orang mungkin sulit mengatur kondisi keuangannya. Hal ini biasanya timbul dari kebiasaan atau pola pikir yang tidak tepat. Misalnya sering pergi belanja atau boros. 

Biasakan diri Anda pada kebiasaan yang baik. Salah satunya berhemat. Namun ada kebiasaan lainya yang perlu dilakukan agar kondisi uang Anda tidak terganggu. Berikut ulasannya

1. Lacak dan Buat Anggaran

Anda tentu tidak ingin kehabisan uang di pertengahan bulan, bukan? Buatlah anggaran belanja yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dan cobalah untuk menaatinya hingga gajian berikutnya. Membayar pembelian dengan kartu kredit dan kartu debit memang cepat dan mudah. Tetapi cara tersebut malah akan meningkatkan minat Anda berbelanja, hingga akhirnya memunculkan masalah di akhir bulan.

2. Pecah Tabungan

Hanya mempunyai satu rekening tabungan akan membuat Anda sulit untuk mengetahui dan mengendalikan pengeluaran. Agar tetap memiliki cukup simpanan untuk hal-hal tak terduga, maka sebaiknya Anda perlu membagi tabungan itu menjadi tiga bagian utama yaitu tabungan jangka pendek, jangka panjang dan keadaan darurat.

3. Kurangi Pengeluaran Kecil

Pengeluaran kecil yang dimaksud seperti uang rokok atau sekedar membeli kopi di cafe. Meski begitu jika dikurangi, hal itu akan berdampak cukup signifikan pada keuangan Anda. Jika kebiasaan boros ini berlangsung di sepanjang hidup karir Anda maka jika dijumlahkan, nilainya akan sangat besar. Sehingga mengurangi biaya tak penting ini merupakan cara yang bagus untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

4. Periksa Laporan Kartu Kredit

Mulailah membiasakan diri Anda untuk memeriksa laporan kartu kredit secara berkala untuk mengetahui aliran transaksi keuangan Anda. Karena cara tersebut bisa membantu mencegah Anda menjadi korban pencurian identitas, seperti pengeluaran tidak biasa atau pembuatan rekening tak dikenal yang dibuka atas nama Anda.

5. Sisihkan sebelum belanja

Seringkali Anda mengutamakan keinginan untuk membeli barang tertentu begitu menerima gaji. Hal itu adalah strategi yang tidak tepat jika ingin menghemat uang. Jadi begitu menerima gaji dan sebelum membeli barang incaran, Anda sebaiknya menyisihkan terlebih dahulu 30 persen untuk dimasukan ke tabungan jangka panjang Anda. (Detik.com)

Posting Komentar Blogger

 
Top