iklan

0
Dewi Lestari Berbagi Tips Merangkai Alur Cerita Video
Foto: dok. Telkomsel
IZZAMEDIA.com, Jakarta - Roadshow sosialisasi program kompetisi video berdurasi pendek Telkomsel 5-Min Video Challenge telah memasuki tahap akhir di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Penulis novel Dewi Lestari atau yang biasa dikenal dengan Dee Lestari menjadi pembicara sekaligus mentor yang mengisi keseruan acara tersebut dengan membawakan materi khusus tentang pendalaman seni cerita pendek berkualitas dalam pembuatan sebuah video.

Sosialisasi di Kampus UI Depok ini menjadi ajang penutup roadshow kompetisi video pendek ini yang telah dilaksanakan di lima kampus ternama.

Kampus yang dimaksud adalah Universitas Pelita Harapan (25 Agustus), Institut Francais Indonesia Bandung (27 Agustus), Institute Seni Indonesia Yogyakarta (5 September), Universitas Airlangga (7 September), Universitas Udayana (9 September), dan Universitas Indonesia (13 September).

Menurut General Manager Youth and Community Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ricky E Panggabean, tahap akhir roadshow ini difokuskan untuk mengajak para video maker menghasilkan karya video berdurasi pendek agar memiliki alur cerita berkualitas layaknya film layar lebar. 

Dewi Lestari Berbagi Tips Merangkai Alur Cerita Video

"Kami ingin memastikan para peserta yang mengikuti program ini hasil karyanya memiliki alur cerita yang dapat dinikmati para penontonnya dan mampu bersaing di tingkat global," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2016).

Kompetisi yang mengangkat tema 'Connecting Lives' ini merupakan tahap awal dari kompetisi video pendek yang digagas oleh Singtel Group, yang merupakan hasil kolaborasi para operator seluler yang tergabung di dalamnya seperti Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia). 

Konten video yang menjadi pemenang kompetisi ini akan dipublikasikan dan bisa diakses oleh lebih dari 600 juta pelanggan seluler di Singtel Group.

Ajang dengan konsep kompetisi video berdurasi pendek ini dihadirkan Telkomsel sebagai respons atas semakin tingginya tren penggunaan konten digital dalam bentuk audio visual dalam gaya hidup anak muda saat ini ketika berinteraksi di social media. 

"Kami berharap kompetisi ini dapat mengakomodir trend tersebut untuk menghasilkan karya kreatif yang sejalan dengan konsep Corporate Social Responsibility (CSR) #internetBAIK yang sedang digalakkan Telkomsel dengan pemanfaatan layanan konten digital di dunia maya untuk hal keperluan yang positif," tambah Ricky.

Sekitar 200 anak muda dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, serta komunitas penggiat film antusia mengikuti sesi sosialisasi dan sharing yang dibawakan oleh Dewi Lestari di Kampus UI Depok kali ini. 

Dewi Lestari Berbagi Tips Merangkai Alur Cerita Video
Dewi Lestari saat berbagi tips merangkai alur cerita video pendek
Seluruh karya yang masuk akan melalui proses penilaian dari dewan juri yang beranggotakan Joko Anwar, Dee Lestari, Dennis Adhiswara, Anggy Umbara dan Monty Tiwa, serta mekanisme voting dari para pelanggan untuk kemudian dipilih lima karya terbaik. 

Pemenang utama akan memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp. 50 juta, sementara untuk pemenang kedua akan memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp. 25 juta. Selain itu, dua karya terbaik ini akan diikutsertakan pada kompetisi regional.

Dua video terpilih dari masing-masing negara atau total 14 video akan diperlombakan dalam kompetisi tingkat regional. Pemenang utama dan pemenang kedua akan diumumkan dalam acara grand final yang diadakan pada 21 November 2016 di Bangkok, Thailand. 

Selain itu, pemenang utama akan memperoleh hadiah senilai 30.000 USD, sementara pemenang kedua akan mendapatkan hadiah senilai 15.000 USD.

Pemenang tingkat regional juga akan memperoleh kesempatan untuk memasarkan video mereka melalui berbagai platform video dan layanan lainnya yang dimiliki masing-masing operator kepada lebih dari 600 juta pelanggan seluler Singtel Group yang tersebar di tujuh negara di Asia, Afrika, dan Australia. (detik.com)

Posting Komentar Blogger

 
Top