iklan

0

Penulis buku yang juga aktivis di social media, Jonru, sudah sangat dikenal karena kritiknya kepada Jokowi. Bagi Jonru, kritik kepada penguasa yang kebijakannya menyengsarakan rakyat adalah bentuk perjuangan.

Mungkin Jonru, seorang Mualaf, terinspirasi dari perkataan Nabi Muhammad SAW, bahwa "Seutama-utamanya Jihad adalah mengatakan kebenaran di hadapan penguasa zalim".

Juga hadits Nabi, “Barang siapa melihat kemungkaran, maka hendaknya ia merubah dengan tangannya, jika tidak mampu, maka hendaknya merubah dengan lisannya, jika tidak mampu, maka dengan hatinya. Dan yang demikian itulah selemah-lemahnya iman”. (HR. Muslim) 

Jonru walaupun mualaf dia tidak ingin masuk golongan "selemah-lemahnya iman" karena hanya diam melihat kemunkaran. Setidaknya Jonru sudah melakukan nahi munkar dengan tulisannya.

Namun Kritik Jonru kepada Jokowi yang disampaikan melalui media sosial (facebook, twitter) dan blognya rupanya telah membuat Kakak kandungnya menasehati agar Jonru berhenti membicarakan Jokowi.

Bagaimana tanggapan Jonru atas permintaan kakaknya ini? Berikut kami kutip jawaban Jonru yang ditulis di wall fb-nya: 


 Seorang saudara kandung saya menelepon hanya untuk berkata, "Jonru, berhentilah membicarakan Jokowi."

Maaf, Kakak. Kita memang saudara kandung. Tapi aku tahu persis, dirimu pendukung Jokowi. Apapun ucapanku untuk menjelaskan KENAPA aku berjuang seperti itu, kemungkinan besar engkau tak akan percaya.

Selama yakin berada di jalan yang benar, insya Allah perjuangan ini tak akan pernah berhenti.

Sebagai saudara, saya yakin masih banyak hal yang bisa kita bicarakan. Namun menyuruhku berhenti membicarakan Jokowi merupakan nasehat yang sia-sia.

Engkau mungkin masih ingat. Dulu ketika orang tua kita masih hidup, bahkan mereka pun tak bisa menasehatiku jika aku sudah punya keinginan dan yakin dengan pilihanku.

Saat itu, ayah bahkan sempat berkata, "Baiklah, Jon. Permintaanku untuk kau hanya satu. Tolong cukur rambutmu. Hanya itu saja permintaanku. Jadi tolong kau turuti, ya."


Jawaban Jonru ini mendapat apresiasi dari facebooker lain.

"Mantap bang, bahkan kata orang bijak, gigit lah yang keras kebenaran itu, agar tak lepas." tulis Yodivalno Bin Yohan Isnoel.

"Be your self..just it." komen Princess Rose. 


http://www.pkspiyungan.org/2014/12/jonru-dinasehati-kakaknya-untuk-tak.html

Posting Komentar Blogger

 
Top