iklan

0

Strategi Pemasaran adalah salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Banyak perusahaan gulung tikar karena tidak bisa mengembangkan strategi “Bagaimana Memasarkan Produknya”. Berikut ini saya kan berbagi mengenai apa saja yang bisa kita kembangkan dari strategi pemasaran? Ada 5 konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu :

A. Segmentasi Pasar

Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat calon pembeli ataupun pembeli yang mempunyai :
Kebutuhan yang berbeda-beda
Pola pembelian  yang berbeda-beda
Tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran
Untuk itu kita perlu peka terhadap hal ini, ingat tidak ada bisnis yang FIT TO ALL, alias tidak semua produk yang Anda jual bisa digunakan oleh setiap orang. Anda perlu membaginya kedalam segmen kebutuhan.

B. Penentuan Posisi Pasar

Perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan. Perusahaan baru dapat beroperasi setelah memperoleh posisi tertentu di pasar. Untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan harus dapat memasuki segmen pasar yang menghasilkan penjualan serta tingkat laba paling besar. Sekali lagi tidak ada bisnis yang FIT TO ALL.

C. Strategi Memasuki Pasar

Adalah menentukan bagaimana memasuki segmen pasar yang dituju. Perusahaan dapat menempuh beberapa cara untuk memasuki segmen pasar yang dituju, yaitu :

Membeli perusahaan lain
Berkembang sendiri
Mengadakan kerjasama dengan perusahaan lain

Adapun masalah-masalah  yang harus diperhatikan dalam memilih cara memasuki pasar adalah :

a. Membeli perusahaan lain

Ada Plus ataupun minus dari kebijakan ini, Kekurangannya : Perusahaan yang membeli tidak banyak mengetahui tentang pasar dari perusahaan yang dibeli. dan keuntungannya tidak perlu membangun dari awal, kita dapat memasuki pasar dari perusahaan yang dibeli dengan cepat.

b. Berkembang Sendiri

Anda perlu mengetahui bagaimana memperoleh hak patent. Agar produk atau jasa Anda benar-benar bisa Anda kendalikan dan tidak ditiru oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
Pilihlah skala produksi yang paling ekonomis
Carilah saluran distribusi yang sesuai
Menentukan supplier yang paling menguntungkan
Biaya promosi harus diperhatikan, karena hal ini cukup mahal

c. Kerjasama dengan perusahaan lain

Resiko ditanggung bersama-sama, jadi resiko masing-masing perusahaan menjadi berkurang
Perusahaan dapat saling melengkapi atau menutupi kekurangan-kekurangan yang ada, karena mereka memiliki keahlian dan sumber sendiri-sendiri.

D. Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat dipasar. Saya akan membahas tentang bauran pemasaran (Marketing Mix) di artikel berikutnya.

E. Strategi Penentuan Waktu

Perusahaan dapat mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan apabila bergerak terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat. Oleh karena itu masalah penentuan waktu yang tepat sangat penting bagi perusahaan untuk melaksanakan program pemasarannya. yang paling penting adalah Bagaimana cara kita untuk bisa melaksanakan perencanaan ini (action) dengan baik.

Follow @RiskyIrawanID untuk bertanya atau konsultasi. [berita terkini/izzamedia]

Posting Komentar Blogger

 
Top